@musiknisme: Ada sesuatu tentang bulan September yang bikin banyak orang merasa lebih emosional. Buat sebagian orang, September adalah momen peralihan musim. Buat yang lain, bulan ini justru mengingatkan pada kehilangan, perpisahan, atau kenangan yang sulit dilupakan. Green Day menangkap semua itu lewat salah satu lagu paling emosional mereka: Wake Me Up When September Ends. Dirilis tahun 2004 di album American Idiot, lagu ini seakan jadi soundtrack universal untuk rasa kehilangan. Lagu ini bukan sekadar lagu tentang bulan, Wake Me Up When September Ends adalah kisah pribadi Billie Joe Armstrong, sang vokalis, tentang duka karena ditinggal ayahnya untuk selamanya. Di bait awal, Green Day menyanyikan: “Summer has come and passed, the innocent can never last…” Ada rasa kehilangan yang mendalam. Masa-masa indah (summer) sudah berlalu, dan sesuatu yang polos, tulus, atau bahkan orang yang kita cintai — tak bisa selamanya bertahan. Lirik selanjutnya: “Like my father’s come to pass, 20 years has gone so fast…” Ini pengakuan jujur dari Billie Joe tentang betapa cepat waktu berlalu sejak ayahnya meninggal. Namun luka itu tetap membekas, seakan-akan waktu tidak benar-benar menyembuhkan. Bagian chorus “Wake me up when September ends” bisa dimaknai sebagai keinginan untuk melewati rasa sakit dengan cepat, untuk bisa tidur dan bangun ketika semua sudah berlalu. Tapi kenyataannya, hidup tidak pernah sesederhana itu. Yang menarik, meskipun berangkat dari kisah pribadi Billie Joe, lagu ini justru jadi penghiburan untuk jutaan orang yang merasakan hal serupa. Banyak fans menghubungkannya dengan kehilangan orang tua, pasangan, atau bahkan tragedi besar seperti perang dan bencana. Dam setiap kali September datang, lagu ini kembali viral, diputar ulang di playlist, dibicarakan di media sosial. Bukan karena trend semata, tapi karena ada kebutuhan emosional untuk menemukan teman dalam rasa kehilangan. Lagu ini hadir sebagai pelukan musik,sederhana tapi begitu tulus. Gimana menurut kalian? #musiknisme #greenday #wakemeupwhenseptemberends
musiknisme
Region: ID
Monday 01 September 2025 12:57:26 GMT
Music
Download
Comments
N. :
september green day. november guns n roses. december neck deep 😁
2025-09-02 12:32:15
56
mama nouval arrafi :
kehilangan anak surgaku bulan September tahun lalu😭😭😭
2025-09-02 03:57:38
26
ozaninhere :
selalu sedih kali ngedenger ni lagu, karna kehilangan bokap gua di bulan september, dan yang paling serem -3h sebelum gua ulang tahun
2025-09-01 20:27:14
19
F 17 RI :
Wake Me Up When September Ends 💛❤💛.. just make a video with this song as backsound..😃
2025-09-02 12:50:18
6
muhamad yudiana :
wake me up when September end !? please !!
2025-09-02 07:19:10
1
zal tz :
yang lahir bulan September absen ☝
2025-09-03 09:07:26
5
deasy79 :
lagu menceritakan kehilangan ayahnya,tapi ini bulan kelahiran ankku♥️🖤
2025-09-02 04:21:15
7
Delin✨ :
Kehilangan ayah yang tercinta🥹… Rest in Peace Dady..
2025-09-05 16:52:52
2
Renx. :
bja kehilangan sosok ayah , saya kehilangan yg dahulu pernah singgah 😂
2025-09-02 02:54:35
3
Rian :
Cung yang setiap bulan september selalu buat story ini di ig atau wa😭
2025-09-04 07:27:51
2
Andyraggedshop :
anjirrr iya lagi
2025-09-02 01:36:27
1
ging freecss :
selalu sedih tiap denger lagi ini karna ga tau terjemahan nya.
2025-09-02 10:14:00
1
IkaPutriMey👑 :
ternyata sdh 20th berlalu tnp Alm. Bapak
2025-09-02 13:13:49
1
W4hyu :
kukira lagu ternyata kisah ku😞
2025-09-02 11:16:10
1
Cah Ndeso :
Waktunya telah tiba
2025-09-02 00:25:35
3
Fian👑 :
bangun bro September udah mau berakhir
2025-09-28 14:16:20
1
mont_or_will :
nyokap saya meninggal jg😭
2025-09-02 13:31:57
1
Evitarina :
sehat2 slalu ayah n ibu ku..aamiin
2025-09-02 05:04:00
1
ferdinand_77 :
my month 🥰
2025-09-01 22:07:07
5
Andi27 :
sama hal nya ayah ku tepat bulan september tiada al fatihah🤲
2025-09-05 13:46:32
0
rian bagus :
sudah waktunya membangunkan billie🥺
2025-09-29 11:07:36
0
не подходит для тебя :
dlu gw suka lagu ini ... tapisemnjak sekarang not.... traumatiq anjir .... ngga nyangka
2025-09-07 01:37:16
0
Dudy Rusdianto :
Misi u all
2025-09-06 06:52:58
0
Takagami :
selalu sedih mendengar lagu ini.. karena ada hal yg gk bisa di ungkapkan 😭
2025-09-01 16:10:35
0
To see more videos from user @musiknisme, please go to the Tikwm
homepage.