@serbasepeda: ‼️ BAHAYA KALO DILAKUIN!❌ Cross chain adalah posisi dimana rantai berada pada sisi terluar dari chainring (terbesar) dan sisi terdalam dari sprocket (terbesar). Atau bisa juga sebaliknya, yaitu terjadi kombinasi antara rantai yang berada pada chainring kecil dan sprocket terkecil. Bahaya cross chain pada sepeda adalah : Kerusakan komponen drivetrain seperti rantai yang cepat aus atau putus, gigi chainring dan sprocket yang rusak, serta rear derailleur (RD) yang bekerja terlalu keras sehingga memperpendek usianya. Nah untuk menghindari cross cain, kamu harus : Pahami kombinasi gigi: Gunakan gigi kecil di depan dengan sprocket besar di belakang, dan sebaliknya. Hindari kombinasi ekstrem: Jangan gunakan chainring terbesar dan sprocket terbesar secara bersamaan, atau chainring terkecil dan sprocket terkecil secara bersamaan. Siapa nih yang masih suka lupa kalau kalian sering cross chain? Komen di bawah ya! #tokoserbasepeda #sepedalipat #sepedaroadbike #sepedamtb #bengkelsepeda
tetep gak faham lagi udah dilihat bener". cross chain itu apa ? ya allah lemot banget saya. Oper gigi yg gimana biar aman sih
2026-04-24 04:45:27
229
Natalia :
banggggggg tolooong 😭😭😭 aku baru beli tpi masih gk ngerti oper gigi nya, fungsi nya aja aku blm ngeri
2026-03-13 08:54:02
44
bahlul1027 :
Baru kejadian
2026-08-15 13:56:10
0
yourfavorite :
yang jarang ganti gigi & stay di depan gigi3 belakang gigi7 cung?
2026-02-16 16:13:00
2
Starrpett :
2 × 8 mas
2026-01-01 07:11:55
0
CGM Mangga Besar :
Setelan anti cross chain. 🗿🗿
2025-12-15 12:37:22
36
t4yo :
apa maksdnya 2×8?
2026-05-25 07:30:38
0
Mahen_San :
bagaimana kalau singgel chainring dan sproket 11 speed seperti di sensah empire?? apakah teori itu berlaku?
2026-01-30 09:24:08
1
it's me :
owh. hehe makasih min🙏
2026-05-08 15:46:05
0
⠀ ⠀ ⠀ ⠀ ⠀᠌ :
3 x 9 gmn bgg wkwk
2026-06-23 05:11:20
0
arsyad ibn_drhm :
izin tanya.. sepeda ade sya Speed 3x7 tapi di Shifter dan Sprocket serta chainring ga pas atau ga sesuai angka loncat nya dimana, contoh di Shifter Speed 4 tapi di Sprocket di Gear 2 atau 3 ga sesuai ada di speed 4 itu terkadang Di Shifter Speed 7 di Sprocket di Gear 5 atau 6...mohon jawabannya
2025-12-02 14:42:30
7
val_frz.f2 :
mau buat 1×9 speed gimana tips nya
2026-04-03 12:19:23
0
green one :
kalo gear blakang 9 dan depan tunggal gimana bang?
kayak sepeda element sekarang
2026-07-05 06:40:59
0
fawazdziaulhaq4 :
min serba sepeda bisa tukar tambah gak ya?
2026-01-04 05:26:16
0
andi suherlan :
ini
2026-06-14 16:21:14
5
noone :
oh jadi gitu.. oke oke ga ngerti
2026-06-16 07:00:17
1
Trisc543 :
lah gua sering depan kecil belakang juga kecil
2026-05-23 12:05:07
1
fin aja123❤️🔥 :
bagaimana dengan yang hanya memiliki 1x12 speed
2025-12-08 06:50:08
0
Azidahaka :
baru juga kejadian udah ada edukasi 🥀
2026-02-15 05:08:45
3
Aga Maulana :
untung single crank
2025-11-28 13:02:22
3
Pithik Walik :
Padahal kombinasi pada posisi cross chain itu paling nyaman
2025-12-08 13:20:10
1
Pablow :
2026-09-03 18:13:46
0
scarscrew :
buat 3×7
depan paling kecil
dan belakang 3 terkecil apa aman?
2026-08-10 16:10:14
0
yu :
ribet ternyata wkwk
2026-08-17 03:12:37
0
To see more videos from user @serbasepeda, please go to the Tikwm
homepage.