@dit.duttt: ada pertanyaan kontroversial nih, lowkey seru banget ngeliat pandangan dari berbagai sisi!! 😍👏🏻 #atheism #agnostic #religious #controversy #foryoupage

dit.duttt
dit.duttt
Open In TikTok:
Region: ID
Saturday 20 December 2025 14:12:56 GMT
67592
3811
80
679

Music

Download

Comments

seazmnu
sean 🧿 :
as a social science student, i really like your perspective and see your struggle here, dit. just live our life peacefully, be healthy, and we have right to be the best version of ourselves. greetings from a student of Buddhism! 🤍
2025-12-20 14:39:29
493
bakmiiie
sky :
i relate bgttt, me as an atheist itu ngerasa menjalankan puasa & eid itu sebagai hasil dari tekanan sosial & doktrin. i just have fun with the festive aspect dan masih menghargai sama orang yg menjalankan agamanya. tapi orang sini susah ngehargain kita yg tidak mengimankan & percaya tuhan jadi ya... forever closeted to my family 🫶
2025-12-21 03:06:20
329
_9492_ryn
sehun wifeu :
#mauikutceritaah so, sekarang gue lagi nggak menganut agama manapun la yah. honestly sebelumnya bisa di bilang gue sangat religious (anjay), karena gue melakukan banyak hal yang ada didalam agama, mau itu ritual or believe. semuanya adalah kemauan gue sendiri, because i feel comfort, peace, love di waktu dan masa itu. namun seiring waktu, gue grow up, tentu banyak hal yang berubah. gue mulai malas ibadah, dan entah kenapa mulai tumbuh rasa benci yang lumayan kepada tuhan, berlanjut ke beberapa aspek dalam religion dan penganutnya. terus gue sadar, aduh nggak sehat nih. tapi gue nggak mau membuang dan denial kepada perasaan gue. gue juga nggak kembali dan meminta maaf wkwkwk. . terakhir gue nemu ini, kayak percikan yang gue cari. sesuatu yang bisa sedikit demi sedikit menjawab pertanyaan yang dulu nggak ada jawabannya. karena setiap kali gue bertanya, seringnya kayak "eh udah nggak usah, itu diluar kuasa lu etc etc". . yah pokoknya udah pindah kepercayaan, i believe in God, but untuk practice religion lagi kayak umm nah. sebenarnya nggak ada yang salah, balik ke personal masing masing. namanya juga hidup, experience kita pasti beda beda. tapi gue? gue memilih, karena punya pilihan dan yah free will la ya
2025-12-22 10:30:52
64
yougotmaxie
max🦭 :
as a BOCAH FISIP ILKOM dan gua belajar psikologi komunikasi its okay bro! lo punya hak untuk memilih apa yang lo mau. go on what u chose in ur life
2025-12-21 13:49:01
94
shawttyyzz
️ :
is your parents knows about this?
2025-12-21 05:31:10
3
littlemissteacup
Littlemissteacup :
Hey Dit, I think I saw your other post once before. This is such a good take buat religious experience di Indo. You managed to separate the social/community aspect of being religious vs what being religious actually is, karena di Indo sebenernya banyak yg like theprior kok, and somehow they feel they can judge you for being forward about your faith (or lackthereof). And I love how, despite your agnosticism/atheism, kamu masih bisa appreciate society mu and why they are what they are. Byk yg due to religious trauma malah jadi marah ke masyarakat. Anyhow, wishing (haha) you the best, and whatever you choose in the future, please be careful ya. It's still Indonesia, so please take care.
2025-12-21 10:50:29
22
gyuki.xd
Shura :
As an atheist, islam seru aja kayak lebaran, puasa, zakat, dll. Dulu relijius bet, sekarang udah gak sama sekali.
2025-12-23 12:34:32
42
scoornn
Vennie :
Jadi lu atheis or agnostic? sebab saat ini juga lu ngikuti norma yg ada so aku asumsikan lu sebenarnya Agnostic gasih? sebab masih mempelajari hal-hal tentang agama, sedangkan atheis udah ga peduli sama sekali, gaperlu pelajari lagi dll
2025-12-26 04:05:54
6
user726372836281718
💕 :
kak maaf banget maaf banget banget banget, ini oot, tapi maaf banget. pas awal scroll krn keliatan sekilas aku kira kamu insanul fahmi yang sama inara itu😭
2025-12-21 14:27:39
78
loui.sserra
A Reflection | Louis Serra :
Mau sharing. As a child of pastor, as a witch, bisa dibilang omnist. Also a gay. I can feel you! I perform rituals from various religions, dari yang diakui di Indonesia hingga yang tidak. Kristen, Hindu, Buddha, Pagan, u name it lah. Di sisi lain, sebagai anak pendeta, aku perlu untuk menjalankan tugas tugasku di gereja. Ibadah tuh wajib, bahkan gak cuma hari Minggu. Kalau mungkin yang Ateis perlu 'sembunyi' karena sudut pandangnya, aku pun perlu sembunyi karena practice yang banyak aku lakukan. But the thing is, When I truly know myself n accept myself completely, that's when views and pressures no longer haunt me. SEMANGAT KAA!! Be happy, be blessed ❤✨
2025-12-21 11:55:03
31
mynameiskirana_
•키키• :
oo jadi intinya soal kegiatan² nya ngikut arus lingkungan sekitar, tapi soal hati dan kepercayaan ya siapa yg bisa atur kan ya haha
2026-02-01 02:42:32
15
idontknow_idn
■■ :
Izin cerita juga, sekalian membuang-buang waktu. Kurang lebih, kasusku juga sama kayak masnya ini. Dari dulu, aku selalu bertanya alasan dibalik suatu fenomena, kejadian, atau bahkan tindakan. Awalnya, aku nggak mempertanyakan apapun soal agama (wajar, karena masih kecil, dan sudah terselimuti dogma dan doktrin). Sampai, suatu ketika, aku merasa bahwa kegiatan-kegiatan agama ini "kewajibannya" kayak terlalu overgeneralization, gitu. Overused. Dan, sering dijadikan "ancaman mutlak" kalau aku bandel. Dan bagiku, ini sungguh sangat mengganggu. Secara psikologis apalagi. Aku jadi takut eksplorasi apapun, karena dipagari oleh doktrin dan dogma agamaku sendiri. Kemudian, tahun lalu, semasa aku kelas delapan, aku akhirnya memutuskan untuk "persetan dengan Tuhan dan ketuhanannya." Aku mendalami banyak hal yang sebelumnya dilarang, dan akhirnya mengasosiasikan diri sebagai: Biseksual & agnostik. Bukan agno-atheist. Tapi agnotisme-apatis/pragmatis. So, aku menolak ketuhanan. Ilahi Dan segala macamnya. Tapi aku tetap mengambil nilai-nilai moralnya yang baik buat diriku serta orang lain. Sayang banget, orang-orang masih sama sekali nggak terima dengan orang yang nggak memeluk agama. Dan pasti, jurus andalannya itu "akhirat" "late game" dan segala macam. Yang notabene nggak relevan denganku (nggak guna jadinya mereka sarkastik atau ngedakwah. Karena ya, aku nggak bisa diserang dengan format demikian)
2025-12-25 07:51:58
7
chupachwann
💌 :
aku mau ikut cerita jugaa, dulu aku religius, sampe pada akhirnya aku mengalami religius trauma, dimana aku merasa hal2 yg diajarkan ke aku itu bukan “kasih” tapi lebih ke “ketakutan” yg aku rasain, and then aku jadi agnostic sekitar 2thn maybe.. terus aku mencoba untuk belajar agama lagi & ibadah terus, sampai di thn 2025 ini aku selalu mimpi di datangin Yesus, aku juga bertemu bunda Maria & Malaikat Gabriel, aku udah bertanya ke temen2 aku, apa maksud dari mimpi ku, mereka bilang kalo aku memang sedang diajak login, makin diperkuat juga dengan Yoh 15:16 “Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu.” aku ga masalah kalau mimpi hanya 1,2 x tapi ini udah berkali kali dalam 1 bln pasti Yesus tidak pernah absen datang dalam mimpiku, jika bukan Yesus itu bisa aja mimpi ku di dalam Gereja, Berdoa pada bunda Maria, yup dari situ aku jadi makin bingung “what should i do??”, sejak bulan kemarin aku mencoba mempelajari mengenai Katolik & mungkin aku akan pergi ke gereja untuk berbicara kepada romo, and that’s all🫰🏻
2025-12-26 08:14:27
6
unkeadju
keadju :
Love your perspective tho ! some ppl are just affraid to show this kind of perspective
2025-12-20 17:19:59
30
moongalore
pemlaver :
off topic tp km makin cakep dittt
2025-12-21 03:57:27
5
sitinihayatuzain.h
🩻 :
chill ae kita mah, idup cuma sekali.. gua ga takut buat buktiin entah itu ada atau gaada😃
2025-12-22 08:34:20
10
wpriincess
Princess :
Sorry oot, bahasa Inggris kamu baguss bngtt
2025-12-21 14:59:53
7
weeguwee
biru :
girl I'm also been practicing without meaning like that
2025-12-31 12:12:14
2
ssvajone
brie loves you :
how do y'all confess to ur parents about this?
2025-12-27 11:28:26
1
cornypretty
i hate this fuckass life :
KAK, LO LUCU BANGET
2025-12-22 10:46:41
2
stonkrays
sky projector :
proud of you for bringing up this topic!♥
2025-12-24 07:14:24
1
adorre_u
yunita aurelia :
wkwk
2025-12-23 00:02:31
1
allholesbro
Finn :
The pronounciation of isra miraj is soo funny😭 very slay
2025-12-21 12:40:39
10
coryfishie
corydoras :
a little off topic, kalau kakak meninggal maunya dimakamkan dengan cara apa? sorry if my question is offensive, boleh didelete atau just ignore it
2025-12-21 09:48:23
5
To see more videos from user @dit.duttt, please go to the Tikwm homepage.

Other Videos


About