aurelliaaa :
ekonomi sulit bukan alasan utama, itu semua tergantung tekad kalian, iya aku tau emang gasemua orang punya uang, tapi kalo kalian mau usaha aku yakin kalian bisa, banya influencer yang sukses sampe sekarang, padahal latar belakang keluarganya juga bukan dari keluarga berada, kalian bisa jadiin itu sebagai contoh, kalo emang bener bener gaada uang, kalian masi punya ponsel, kalian bisa pake gadget buat belajar, kalo emang gapunya gadget pake buku, mau minjem mau engga terserah, kalo emang gaada buku, kalian usaha, cari apapun, ataupun pinjem ke temen manapun, pasti ada yang minjemin, kalo emang gaada yang minjem, kalian masi ada satu cara, berdoa sama tuhan, dan usahakan doa itu, karena tuhan ga tidur, kalian berdiri di atas pendirian, doa, dan tekad kalian, kalo kalian belum mulai uda ngerasa gabisa, jadinya kapan nyoba? kapan mau cari pengalaman, kalo bisa, kalian mulai dari nikatin nilai or bakat di bidang apapun itu, mau akademik ataupun non akademik, kalian harus nyoba, kalian harus tau kalian unggul di bidang apa dan kembangkan bakat nya, jangan nyerah, kalo bakat nya uda tau dan uda berkembang, mulai lagi dengan ikut lomba dari sekolah ataupun lomba mandiri, kalian cari dimanapun, but mulai nya dari lomba kecil kecil an aja dulu buat pengalaman, karena lomba yang besar juga awalnya kecil, and artis" besar itu juga dulunya cuma anak kecil yang bingung besok makan apa, banyak artis, infuencer yang latar belakang orang tuanya juga bukan yang berada, jadi gaada alasan kalian buat nyerah, kalo kalian ada keterbatasan fisik, usaha tingkatin nilai akademik kalo emang kesusah di non akademik karena keterbatasan, kalo emang kamu punya keterbatasan trus lebih suka non aka, kalian usaha, sebisanya, banyak atlet, penyanyi, yang punya keterbatasan, tapi mereka bisa, kalian harus jadiin hal itu sebagai contoh kalo kalian itu BISA, and jangan pernah lupa doa kepada tuhan dan usaha.
2026-03-17 21:45:24