@musiknisme: Tidak semua hubungan berakhir karena rasa cintanya hilang. Kadang, dua orang masih saling sayang, tapi sudah terlalu lelah untuk terus mempertahankan hubungan itu. Perasaan itulah yang terasa kuat dalam lagu Love In The Dark dari Adele. Lagu yang ada di album 25 (2015) ini jadi salah satu lagu Adele yang paling emosional. Bukan tentang perselingkuhan atau pertengkaran besar, tapi tentang seseorang yang memilih pergi karena sadar hubungan mereka perlahan hanya saling menyakiti. Suasana dalam lagu ini terasa seperti percakapan terakhir sebelum benar-benar berpisah. Tidak penuh amarah, tidak juga dramatis berlebihan. Justru karena dibawakan dengan tenang, rasa sedihnya terasa lebih dalam. Yang membuat Love In The Dark terasa dekat dengan banyak orang adalah cara Adele menggambarkan perpisahan yang realistis. Tidak ada tokoh jahat dalam hubungan itu. Tidak ada yang benar-benar salah. Hanya ada dua orang yang sama-sama lelah dan sadar bahwa hubungan mereka sudah tidak sehat untuk dipertahankan. Dan kenyataannya, perpisahan seperti ini sering jadi yang paling berat. Karena saat hubungan berakhir akibat kehilangan rasa cinta, mungkin semuanya terasa lebih jelas. Tapi ketika masih saling sayang namun harus berpisah, proses menerimanya jauh lebih sulit. Lagu ini seperti mewakili banyak orang yang pernah memilih pergi bukan karena berhenti mencintai, tapi karena terlalu lama memaksa diri untuk bertahan. Dari luar hubungan terlihat baik-baik saja, tapi di dalamnya penuh rasa capek, overthinking, dan perasaan kosong yang terus dipendam sendiri. Banyak orang juga tetap bertahan hanya karena takut memulai dari awal lagi. Takut kehilangan, takut menyesal, atau takut merasa sendirian. Tapi lewat lagu ini, Adele seperti mengingatkan bahwa bertahan juga bisa menyakitkan kalau hubungan itu perlahan membuat kita kehilangan diri sendiri. Dan mungkin, salah satu bentuk cinta yang paling dewasa adalah berani menerima bahwa tidak semua hubungan bisa terus dipertahankan, meski rasa sayangnya masih ada. Gimana menurut kalian? #musiknisme #adele #loveinthedark
musiknisme
Region: ID
Friday 08 May 2026 14:31:21 GMT
Music
Download
Comments
. :
Kita berakhir bukan sama sama ga cinta,cuma saling menyelamatkan diri masing” dari rasa sakit itu🥺🥲
2026-05-25 08:05:52
1096
🐳 :
Bagian "I want to live and not just survive" selalu jadi favoritku. Kadang satu kalimat itu bisa mewakili banyak hal yang sulit dijelasin
2026-06-05 13:13:20
240
ncii! :
Hubungan ku pernah ada diposisi dimana sudah tidak ada cinta didalamnya. Keduanya hampa, menyakitkan. Lalu keduanya saling memberi waktu, ternyata kita rindu. kita mutusin buat saling jatuh cinta kembali meredakan ego masing-masing cintanya tumbuh sama seperti awal pacaran. Dan akhirnya cinta itu ada lagi di antara kita. Terharu sama perjalanan kita, doain yaa gees aku diciptain untuk jadi bagiannya begitupun aku untuk dia🥹❤️
2026-05-26 05:53:20
119
Indah Utari :
demi tuhan aku lelah sama sikapnya tapi aku gak rela anak2 jadi broken home .
2026-07-07 04:26:08
9
:
“but i want to live and not just survive”
2026-05-27 13:21:42
17
Nisa Saragih Sumbayak :
Bolehh pergi ngak sihhh, aku merasa cinta sendirian😢
2026-08-04 11:37:05
2
mayjul :
Lagu gw bangetttttttttt
2026-05-11 14:00:51
41
Ratatum_ :
gabisa di unduh 😭
2026-07-29 15:02:45
2
B :
But i want to live and not just surviveeeeeee 🥺🥺🥺
2026-05-12 19:31:44
13
43 :
betulll, tapi aku ga bisa menjalan hubungan sama orang baru rasanya ragaku ketinggalan 😭😭
2026-07-04 15:34:14
31
Ellba🧚♀️ :
aku suka banget musik setelah
"But I want to live and not just survive"
kayak penuh kemenangan dan kelegaan banget gitu, kayak finally gue bisa ngelakuin hal ini
2026-05-28 08:01:56
32
esspresomartini :
lewat pas keadaan rumah tangga gak baik" aja🥺
2026-05-26 04:13:54
6
Daraa24 :
mungkin suatu hari nanti,dan aku benar-benar berharap akan melepaskan mu
2026-05-26 03:40:54
14
acil_frtma :
@Andin: Kita berakhir bukan sama sama ga cinta,cuma saling menyelamatkan diri masing” dari rasa sakit itu🥺🥲
2026-05-27 15:17:50
10
cegil22 :
ku kira lagu ternyata kisah q😭🙏
2026-05-25 10:18:18
7
zaamoo :
someday, gw percaya Allah ridho gw pergi dan lepas dari dia, gw bisa bahagia berdua sm anak gw. Aamiinnn
2026-07-08 17:26:04
2
cia :
@Andin: Kita berakhir bukan sama sama ga cinta,cuma saling menyelamatkan diri masing” dari rasa sakit itu!
2026-07-13 13:12:09
1
404 not found :
mbaaa adelee aku lagi difase relapse
2026-06-27 00:23:18
4
idk who am i :
Ingin kalahkan ego, tapi sikap nya jadi alasan untuk berhenti bertahan🙃
2026-07-07 15:42:05
1
270703 :
Kami kalah sama ego ,kami gabisa buktiin Klok ldr itu berakhir bahagia 🥺
2026-07-06 00:37:01
2
Banananagih :
True!!!!!!!
2026-05-28 04:37:48
1
To see more videos from user @musiknisme, please go to the Tikwm
homepage.