@th.elis: Kalau fokus kamu flek & melasma, kita jangan asal pakai produk viral. Targetnya itu: 1️⃣ lindungi dari UV 2️⃣ tekan produksi melanin 3️⃣ perbaiki skin barrier Aku jelasin yang basic tapi efektif ya 👇 ⸻ 🌞 1. Sunscreen (WAJIB banget) Kenapa? Melasma itu 90% dipicu & diperparah sinar UV + panas. Kandungan yang bagus: • Zinc Oxide / Titanium Dioxide (physical filter) • Tinosorb / Uvinul (chemical modern filter) • Iron Oxide (kalau ada, bagus untuk proteksi cahaya biru) Cara pakai: • 2 jari penuh untuk wajah & leher • Ulang tiap 2–3 jam kalau aktivitas luar • Pakai setiap hari walau di rumah Kalau sunscreen kamu bikin tambah gelap, biasanya kurang takarannya atau jarang reapply. ⸻ 🌿 2. Moisturizer (Perbaiki Barrier Dulu) Melasma sering makin gelap kalau kulit iritasi. Cari kandungan: • Ceramide • Panthenol • Niacinamide (≤5% untuk barrier & bantu mencerahkan) Cara pakai: • Pagi setelah serum • Malam setelah treatment • Jangan terlalu tipis, tapi juga jangan over layer ⸻ ✨ 3. Serum/Treatment Pencerah Ini inti buat tekan produksi melanin. Kandungan paling efektif untuk flek & melasma: • Azelaic Acid (anti inflamasi + bantu melasma) • Tranexamic Acid (tekan produksi pigmen) • Alpha Arbutin (mencerahkan ringan) • Niacinamide (support) • Tretinoin / Retinoid (malam saja, resep dokter lebih baik) Kalau belum pernah pakai aktif, mulai dari azelaic acid dulu 2–3x seminggu. ⸻ 🌙 Contoh Basic Routine Aman PAGI 1. Gentle cleanser 2. Serum tranexamic / niacinamide 3. Moisturizer 4. Sunscreen (paling penting!) MALAM 1. Gentle cleanser 2. Azelaic acid / retinoid (selang-seling) 3. Moisturizer ⸻ ⚠️ Catatan Penting • Jangan kebanyakan layering aktif sekaligus • Kalau panas & merah → stop dulu, fokus barrier • Melasma itu butuh konsisten minimal 8–12 minggu #melasma #flekhitam #sunscreenwajib #basicroutine #skincarebasic
Elis Beauty
Region: ID
Friday 29 May 2026 16:03:19 GMT
Music
Download
Comments
sriningsih2325 :
cocok2 an.....dokterpun jg blm tentu cocok......beaya mahal klu gak cocok muka jd malah hancur ....itu pengalamanku ...
2026-06-10 12:23:43
8
zrr.faa :
saya orang awam ..tapi flek hitam ngak hilang hilang tolong rekomendasi prodak yang aman dan ampuh...sebelumnya pakek Wardah yang putih tapi flek ngak hilang
2026-05-31 06:51:08
5
Puji :
maaf kk moist facetology 5%,ss tinted facetology,ini mau co facetology yg 15% atau vit c nya y KK untuk pagi ,,atau niaclear y kk..dan mlmnya aku ada pelinh serum dan cyteamin ku selang seling pkenya kk,mohon dikoreksi kk...baru pemula ada flek dan Beks jerwt kulit berminyak 🥰🥰
2026-06-07 05:22:03
0
Aniqah :
moes untuk seccen berir rusak, yg tdk ada kandungan aktifnya moes ap
2026-06-13 06:08:23
1
Inay_naf83 :
Aku dr dulu kl pakai facial wash jd kering, akhirnya ganti pembersih dan toner viva.
2026-06-12 23:43:07
2
Best Of Me :
buatku yaaaaa😂......mau skincare apapun mau mahal..mau murah ...kalo makanannya gak dijaga ...masih suka gorengan ...suka manis manis..suka kacang berlemak.....😅 sama aja boong ....susah deh mau punya wajah mulus
2026-07-27 13:03:12
1
rininababan238 :
kak izin bertanya kalau mau reapply skincare wajah harus di cuci ulang dulu lagi kah kak? sementara paginya kita uda pakai moist lanjut ke sunscreen kalau dicuci otomatis moist nya ikut hilang kak kemudian kalau kita hanya diruangan saja tidak terppar langsung mtahari apkah perlu reapply sunscreen?terimakasih
2026-06-11 05:28:52
3
Mama Vio :
kalau pake serum vitamin C gak boleh ya kak
2026-06-14 08:55:19
1
putri tidur sayang :
sunscreen yg mengandung zinc oxide
2026-06-28 08:56:12
0
salmah salim :
assalamualaikum
2026-08-09 12:17:43
0
Mamah Aira :
1 bln basic skincare malah plek makin terlihat tebal.jerwat.bruntusan parah bingung mau lanjut atau berhenti mohon solusi ya 🙏
2026-08-10 12:46:25
0
Tth Bandung🥰 :
aku sudah pkai sabun gentle,serum bratening oren hansui,moistnya paketan hansui yg pink siang/malam,ss nya paceyologi hybrid/utary pysical,tpi hampir putus asa🥲
2026-07-12 08:16:56
0
s kum :
klu pakai d alba bagaimana kk
2026-06-27 22:12:16
0
pesek :
Ak stop lama terus nyoba glad2 glow sama aja nga ada perubahan tak stop lg
2026-06-04 01:14:28
1
Tuty Irnawaty :
tapi aq gk cocok pake ss😌
2026-06-06 13:02:23
0
Evacancer10 :
maksud pakai sunscreen diulang pakainya tiap 2-3 jam itu,apa pakai cream paginya seperti day cream,mouisnya jg dipakai lg
2026-06-30 23:09:52
0
Azril alfariq :
serum apa yang bagus untuk flek hitam kak
2026-07-23 21:33:16
0
melati tu siapa :
5bukan ganti2tp glrk harus dhn kombinasi
2026-06-06 03:05:11
0
"AYUQ" :
semakin gonta-ganti skincare flek hitam semakin menebal, jd gak usah tertipu dengan iklan.
2026-08-20 05:17:51
0
liapio09♏ :
pagi q pake fw+serumvitc-moist-ss
malamnya doublecleansing+retinol seling maskeran+moist
habis bingung kalo malam mau pake apa, ada saran ga KA untuk malam pake apa
2026-06-27 12:35:23
1
ningrum3279 :
felek itu gak bisa hilang itu nyata mau gonta ganti produk apapun yg mahal sampai yg murah awalnya hilang wajah putih gelowing nanti juga muncul lagi malah tambah melebar
2026-06-06 14:12:37
0
wati :
follback kak
2026-07-28 09:51:23
0
Havie :
aku udah capek SM yg namanya flek udah pake skincare dr yg local Pe yg import dr dalem dr luar juga ntah brp juta uangku terkuras, sekarang mah bodo amat fokus buat kulit sehat aza lah😏
2026-06-08 06:38:30
0
Nurly@ :
👍👍👍
2026-06-17 15:58:05
0
To see more videos from user @th.elis, please go to the Tikwm
homepage.