@apakatakeluarga: Niatnya ngasih "Me-Time" biar suami istri bisa pacaran, tapi kok malah jadi bencana? 💔 Siapa yang pernah kena jebakan "nginap di rumah nenek" kayak gini? ☝️ Dalihnya sih manis banget: "Udah, titipin aja anaknya di rumah Ibu. Kalian pergi nonton bioskop sana, istirahat." Suami mungkin girang dan mikir ini win-win solution. Mertua juga seneng bisa main sepuasnya sama cucu tanpa "diatur-atur" ibunya. TAPI... mereka sering lupa satu fakta penting: Anak usia 1 tahun BUKAN barang pinjaman! 🛑 Di usia ini, bayi sedang dalam fase Separation Anxiety (cemas berpisah) yang kuat. Mereka belum bisa ngomong kalau rindu, takut, atau nggak nyaman. Ujung-ujungnya? Jadwal tidur hancur lebur, nangis semalaman nyari ibunya, dan pulang-pulang tantrum ekstrem! Yang paling tersiksa? Tentu saja insting seorang Ibu. Disuruh nonton bioskop, staycation, atau makan enak pun, fisik mungkin di sana, tapi hati dan pikiran hancur karena cemas nungguin update anak. Bukannya healing, malah overthinking level dewa! Penting banget untuk diingat, terutama buat para Ayah: Date night nggak akan pernah berhasil kalau istrimu duduk di sebelahmu dengan perasaan cemas luar biasa. Memisahkan balita dari Primary Caregiver (Ibu) tanpa persetujuan tulusnya hanya akan memicu trauma, baik bagi anak maupun ibunya. Hargai insting keibuan istrimu. Jika instingnya bilang belum siap melepas anak menginap, maka TIDAK artinya TIDAK! Pernah nggak Bunda ngerasain dilema luar biasa waktu anak "dipaksa" nginap sama mertua atau keluarga besar? Gimana cara Bunda atau Pak Suami menolaknya biar nggak jadi konflik? Yuk, tumpahkan unek-unek dan pengalaman kalian di kolom komentar! 👇 Mari kita validasi perasaan satu sama lain di sini. ❤️ (Jangan lupa SAVE postingan ini untuk pengingat, dan SHARE ke Pak Suami atau grup keluarga sebagai edukasi halus!) 😉 #ApaKataKeluarga #MemoSurga #ParentingDrama #SeparationAnxiety #KesehatanMentalIbu

ApaKataKeluarga
ApaKataKeluarga
Open In TikTok:
Region: ID
Wednesday 12 August 2026 04:00:04 GMT
96104
6138
242
1669

Music

Download

Comments

scorpioduasatu21
Scorpio_21 :
9bln aku bawa kemana2, setelah lahir secapek apapun aku bakal aku bawa kemana pun aku pergi. biarin repot, aku ngga mau pisah dr anak ku.
2026-08-12 10:24:11
227
bieloveu5
bieloveu :
Tp kenapa ya ? Kalau sama oma (ibuku sendiri) aku gk khawatir dan ikhlas anakku dibawa. Tp kalo sama mertua enggak hehehe ada jawabannya gak
2026-08-14 05:57:31
180
biqbiqfamily
Biqbiq’s Family💫✨ :
Pas dibalikin ke ibunya jd rewel trs bilang “sukanya sama nenek, sama ibunya nangis doang”.
2026-09-03 08:16:08
15
rachelf243
rachelf243 :
Mertua ku kalo bicara lebih banyak nyakitin nya dari pada baik nya, anak ku masih umur 3 bulan malah bilang gini, nanti tidur sama oma yaa makan nya sama oma aja yaa, kek heeeh lo nyasar ini anak gw njir, kok malah lo yg sok iya, kalo dah sakit aja gw yg d salahkan dan d hina benci bgt
2026-08-13 04:59:07
58
hahapasihhh
Mama&Kai :
Hal yang aku alami dimasa anakku masih newborn :( sedih banget rasanya mau pegang anak sendiri aja sulit..jadi gak bisa asi eksklusif jg :’) dengar anak nangis tiap malam kehausan/ overstimulasi, tapi aku gak boleh ambil anakku sendiri. Sampai sekarang masih merasa bersalah sama anakku😔 selalu menyesal kenapa gak bisa jd tegas demi anak..dahlah cukup 1 anak saja aku.
2026-08-13 07:44:42
50
putrikar_tikaa
Putri Kartika :
Alasanku memilih resign kerja setelah 2 minggu kutinggal kerja lg sehbs cuti. Dpt laporan dr tetangga dan ga sengaja keucap lngsung dr mulut Ibu mertua bayiku bru 3 bln dicebokin kekmrmndi pas pup pke air dingin dan nangis kejer, jam 12an waktu makan siang sengaja ak pulang ga ngabari nyari bayiku ga ad dan strollernya ternyata dibawa sebar undangan gatau undangan apaan panas2nya dunia dijam itu dan setelah itu bayiku demam, muntah2🙃makin stres bgt semua dikomentari bayiku pake Pampers, minum sufor krna ASIku ga sederas itu jdi kata dokter hrus dibantu sufor gpp tp Ibu mertuaku yg bnyak omong, ak nerapin bayiku untuk mengenal siang dan malam dikomentari kalau tdr mlm ga boleh pke lampu tdr hrus terang, dan parahnya lg kamar itu kan privasi setiap kmr ga dikunci udh tiba2 masuk aja, kalau pas dikunci udh brisik mondar mandir depan pintu manggil bayiku yg msh tdr😏dan itu udh ak lewati smua skrng gamau tinggal jadi satu lg😁
2026-08-13 08:04:27
32
rmeilalala
meiliaaa :
Jangankan mertua, dgn ibuku sendiri yg masih serumah aja aku gabisa ninggalin anak lama, krna emang bner jam tidurnya jadi berantakan,makan sembarangan nnti ujung”nya aku sendiri yg pusing
2026-08-12 06:13:17
52
riiipeh
🎇🎆 :
mungkin ini yg terjadi sama aku, di umurnya yg baru 13 hari anakku tiba2 dikelonin neneknya tanpa minta izin ke aku, iya aku lelah, tapi membawa anakku kayagitu ga bikin aku bisa istirahat juga, yg ada aku nangis semaleman, dan itu berulang beberapa kali, puncaknya aku hampir minggat gara2 anakku terus2an diambil dariku kalau dia nangis, sampai sekarang aku masih selalu ketakutan kalau anakku nangis, takut dia bakal dijauhin dari aku😭😭 dan aku cuma dibilang tukang drama..
2026-09-01 14:07:52
1
elsr.eca
Elhara :
tp bener loh, aku yg baru lahiran sc sep 2025 kmrin, ibu mertuaku tiba2 dtg & tinggal drmh selama 5 bln tanpa izinku, krn suami gak sanggup ngurus aku & anak, tp hasilnya aku trauma & benci kali sma mertua krn apa2 aku & anakku diatur sampe pake ac pun gak boleh, iiss ntahlah payah blg.. anakku gak dekat smaku krn selalu tdr sma neneknya sebab suami kerja masuk pagi jd harus fit kata mertua sedangkan aku bergadang tiap malam krn khawatir sma anak
2026-08-13 13:46:37
12
cucokmeong84
1122 :
Paling benci bgt kalo mertua atau tante nya suami aku bilang " hayoo kok bobo terus " ihhh pen gw sumpellll
2026-08-25 15:45:09
13
itsalviiiiii
taurusgirl :
ninggalin anak 3 jam ajaa anaku gak ditidurin dr pagii baru tidur jm 11 siangg pdhl anaku biasa tidur pagi karna blm ada 1 tahun diajak main terus alesannya anaknya gak ngantuk mata masih bening heii kamu tau apa soal anaku ??
2026-08-22 12:55:58
5
syellaciecie
Syella Putri Raddin, S.H, C.PM :
gw jd benci dia semenjak gw lahiran
2026-08-13 17:21:11
11
firda_yanti15
firda_yanti :
Tidak untuk nenek dari suami!
2026-08-17 05:21:21
5
fhanyya21
Fhanyya224 :
brti aku ga egois kn karna gamau nitip anak kesiapa2 krna takut ini itu
2026-08-12 13:30:21
11
1849blue
🍒🦋 :
Inilah alasanku usahakan full dbf HAHAHA kami tak akan terpisahkan 🥰
2026-08-13 16:15:35
8
pweetyloveu1
-ioneandonly 🫧 :
@_machaaaa:alhamdulillah nyaa ibuku tau jam tidurnya anaku, jd kadang kalo aku tinggal keluar sebentar anaku masih tidur teratur dan minum susu teratur, tapi aku belum percaya sama orang lain selain ibuku sendiri
2026-08-14 06:13:21
4
arditamanova
Arditama :
anak itu tanggung jawab ortunya sebisa mungkin pasutri yg kerjasama handle anak karena mereka lebih tahu kebiasaan anaknya daripada kakek nenek, tante2nya terkadang bertemu orang yang sok tahu tentang anak sendiri, ortu harus tegas buat batasan.
2026-08-13 19:15:12
6
anisanurfitri95
anisanurfitri :
Pernah ngrasain ini pas anak pertama masih bayi, dan anak aku memang anteng banget, kalo ketempat mertua pasti langsung digendong di bawa kekamarnya. Sampe2 aku mau nenenin aja susah, sampe aku bilang kesuami, jadi suami yang ambil anak dan kasih ke aku.
2026-08-13 11:45:31
5
apriliast3
APRIL 🪷 :
habis lahiran SC sebulan main ke mertua tbtb bilang ke 3 tetangga yg berbeda "mau keluar dari kerjaanya krn jenuh mau dirumah aja urus cucu kalau ibunya mau kerja" aku dengernya heh hoh kek "siapa yg mau kerja??" ga pernah ngobrol ga pernah diskusi dlu sama aku tbtb bilang gitu sama 3 tetangga. Suami bilang itu basa-basi tp bagiku itu sebuah rencana, pdhl suami dan ibuku sendiri ga pernah nyuruh kerja. Waktu hamil 3bln aja aku resign krn males kerja, habis lahiran lagi pemulihan mau menikmati saat jadi ibu malah suruh kerja😭
2026-08-24 20:11:38
2
idnisaaaaaaaa
creamylatte :
aku yang serumah ama mertua juga bgitu. kalo anak aku disuruh tidur ama mertua hati tuh kek ga tenang, apalagi kalo dibawa bawa ke suatu tempat kek rumah sodara atau buyutnya. iyaa tau masih serumah, tapi ntah dari semnjak lahir ampe anak aku udh 2 taun hati tuh blum bner2 ikhlas kalo anak tidur dikamar mertua. mungkin kalo gaada riwayat mertua mau ngambil alih posisi aku sbagai ibunya bisa aja aku tenang biarin anak aku nginep. tapi gimana ya? mertua tuh pengennya anak tuh nganggep dia tuh ibunya ampe panggilan pun pengennya dipanggil mmah, gamau nenek dan bapa mertua juga gitu kalo anak aku nyariin aku ibunya psti anak aku diomongin gini " ibu ibu aja, tuh mamah ada. ibumah gaada" anak ampe nngis kejer mau ke aku tapi malah disuruh ke mertua trus. ini aku yang trlalu posesif atau baperan ya? wajar aja kan anak nempel ke aku ibunya? toh ama mereka anak aku jadi makan smbarangan, screentime ga diwaktu, dan jam tidu juga jadi berantakan😭 p
2026-09-04 03:39:46
1
dinayastia20
˚ dinayastia𐙚 ˚ :
dulu setiap minggu dijemput neneknya, kata org “enak bisa istirahat” GAAAKK untuk sekedar makan pun gak nafsu, nangisin seharian takut dia lapar. pikiran kemana mana, pdhl cuma beda dusun tp kalau aku jemput cepat dimarahin. jadi pas hari minggu itu aku berusaha kabur ke rumah temenku gendong bayi, pulang panas2an naik motor demi gak ketemu neneknya. ya allah maaf ya buu bukan gimana2 tp aku gabisa bgt jauh sm anak😭😭😭😭 maaf😭
2026-09-03 16:22:24
3
friskart_rere
Friska Rere :
aku mengurus bayiku di bantu keluarga suami, nenek neneknya pada sibuk dengan dunianya yg satu sibuk kerja yg satu sibuk sama keluarga barunya. 😭😭😭 tapi memang aku gak bisa hidup tanpa bayiku.
2026-08-13 12:02:38
0
yayukdwira
mamayayuk :
Ah para suami mana tau hal hal kayak gini? Mereka seenaknya ambil kesimpulan, ngatain gak suka sama keluarganya😮‍💨
2026-09-02 13:54:42
0
nurjannahsyammall
Nurjannah Syam Mallarangeng :
kok aku juga gak mau yah bawa bayiku ke rumah mertua??
2026-08-13 13:17:06
1
ndaraffaarras
Desty indah :
Anaku udh 6thn , dan unur 1thn suka dititip mamahku sesekali, aku pergi beli susu dan pampers untuk adik bayinya. Inget ya nenek dr ibuk nya bukan nenek dari bapaknya😂 sama ko kalo nenek dr bapak nya akupun cemas 😁
2026-08-15 06:05:04
3
To see more videos from user @apakatakeluarga, please go to the Tikwm homepage.

Other Videos


About