@textbiasa: Pernah enggak notice kalau lihat video wawancara warga saat krisis 1998, nada bicaranya terasa beda banget sama sekarang? Pilihan katanya cenderung lebih terukur, nadanya tenang, dan pesan disampaikan dengan runtut meski situasinya lagi genting. Tapi ini bukan semata-mata karena orang dulu lebih santun atau orang sekarang lebih kasar. Perbedaan besar ini terjadi karena ekologi medianya sudah berubah total. Kalau tahun 1998 komunikasi didominasi TV dan koran yang membuat orang berpikir lebih reflektif sebelum bicara, hari ini media sosial menuntut kecepatan yang bikin cara bicara kita jadi lebih spontan dan emosional. Seperti kata Marshall McLuhan, media memang tidak cuma menyampaikan pesan, tapi juga membentuk cara kita berpikir dan merespons dunia.
sumpah ternyata rakyat dijaman itu bicaranya lebih beradab...
2026-08-23 04:47:58
5239
hildan noviatan :
apakah kualitas sdm kita menurun ?
2026-08-23 15:42:25
1284
Tän̈ğän̈Kiiri_TKHM :
semakin kesini bukan tidak tambah pintar. tapi semakin kehilangan adab dan etika
2026-08-23 06:16:10
3278
good guy :
reza arap yg membuat ngomong kasar jadi wajar
2026-08-23 11:10:31
583
@nton_pratama :
mungkin akal intelektul mereka lebih baik di banding orang2 zaman sekarang ??
2026-08-23 05:33:01
801
akun anonim :
org jaman itu pada articulate dan pintar jir
2026-08-24 15:56:44
496
david :
orang jaman itu bicaranya sopan2, pdhal lg situasi sulit
2026-08-24 15:39:23
270
H4NDY :
bukan masalah mereka naik mobil atau persoalan tentang siapa yg di tanya sih, lebih ke adab dan etika. jaman dulu masih tidak terlalu terkontaminasi dengan budaya luar, beda dengan jaman sekarang.
2026-08-23 16:59:43
104
kurniawanSriwijaya08 :
Jaman dulu rakyat sgt takut sm pemerintah..
2026-08-23 05:43:55
52
noptune__ :
yee skrg presidennya sendiri juga suka bad word 🙂
2026-08-29 16:11:32
14
Hisyamafandi :
yang diwawancarai:
1. karyawan kelas menengah
2. Old Money
3. Akademisi
kira2 urutannya begitu
2026-08-22 18:31:16
111
K18 :
orang zaman dulu banyak baca buku
2026-08-23 12:00:24
82
avocadojuice :
Jaman dulu, apalagi tahun 98, hanya orang yg kaya banget aja yg punya mobil pribadi. Berati orang2 yg sedang diwawancara di video tersebut adalah orang2 berada & pendidikannya tinggi..
Nah jaman skrg kalo yg diwawancara reino barack juga jawabannya pasti begitu juga.
2026-08-23 10:04:36
151
Jin :
Belum ada YB saat itu, gak ada yg ngomong kasar di depan umum.
2026-08-18 19:55:29
30
pramantyo aji :
yang ditanya yg bawa mobil
2026-08-28 17:29:49
6
utiliti :
dizaman itu yang udah punya mobil pasti orang kaya ga sii? makanya dari cara mereka ngomong juga baguss, tertata gt
2026-08-29 07:44:48
8
Z🅾️R🅰️♣️ :
orang orang dulu public speakingnya bagus ya
2026-08-23 14:22:42
8
Aulia :
cara bicara nya juga lebih tertata.. coba sekarang, bocil SD aja udah pada ngomong kasar 😭
2026-08-23 23:37:14
5
YANGZHOU`杨舟 :
itu yg ngomong orang tuanya para boomer kan?
2026-08-23 08:49:59
26
kuroinu :
dulu mah rakyatnya pada naik mobil ya sekarang boro boro beli mobil buat makan aja susah, makin kesini ekonomi Indonesia bukannya membaik malah memburuk
2026-08-24 11:00:56
7
gedang goreng :
lu liat aja yg di wawancarai naik mobil semua.. coba tanya aja sma tukang becak pedagang sayur di pasar.. tp sya setuju juga klo emg faktor media mendorong gaya hidup dan gaya berpikir yg berbeda..
2026-08-23 03:17:48
14
co2 :
pada naik mobil pribadi semua 😂
2026-08-11 23:20:18
5
re :
jaman dimana sopan santun masih ada
2026-08-29 18:57:50
2
ek09160 :
mereka ngomong sambil mikir, kita ngomong gak pakai pikiran
2026-08-24 01:26:46
4
To see more videos from user @textbiasa, please go to the Tikwm
homepage.