Peter faktanya aku udah setahun ini selalu catat harga bahan makanan disana bandingin sama disini. Krn anak ku rencana akhir tahun ini berangkat klo b1 lulus. Ponakan aku udah dijerman. Jd tiap dia ke supermarket dia selalu spill harga ke aku (terutama bahan makanan yg anak ku doyan) tau gak harga disana dan disini mirip banget 😂 tapi untuk bumbu bumbu jauh mahal disana. Yogurt plain murah disana tapi yogurt ada rasa mahal disana. Daging telur roti pasta beneran gak jauh beda. Cuma saos pasta siap pake mahal. Jd mesti bikin saos pasta sendiri klo mau hemat krn tomat dan daging giling disana murah 😂
2026-08-22 10:59:30
40
Akustik :
Anjir kerja 30 menit dapet begituan. Di indo kerja 1 hari ada yang 75k doang
2026-08-22 12:40:07
176
gogopowerranggers :
wishlist skr tinggal di jerman KARENA HARGA BUAH MURAH 😭😭😭😭😭
2026-08-22 11:18:26
50
Piipiiw :
Tolong lahhh mending kurang kurangin di rupiahin kalo beli sesuatu di jerman.
2026-08-22 17:35:40
8
wirahadi :
100rb buat seorang, coba sekeluarga dan anak 😂😂
2026-08-22 12:08:52
2
Maaaal :
Crazyyyy samaaia kaya indoo
2026-08-22 13:07:50
0
tyafsop :
kok bisa ke luar negeri gimana caranya. aku di berisiki yang kanan benginging terus yang kiri meteran listrik klo mau ke luar negeri susah gak segampang membalikkan tangan. enak orang yang gak di berisiki ke luar negeri gampang gak sesulit aku
2026-08-26 01:32:09
0
KRCW_57:) :
lebih gak sih?😭
2026-08-23 01:53:25
0
NoNoNo :
Pieter pernah nonton bundes liga gak di stadion?
2026-08-23 01:38:48
1
RakyatBiasa :
di Jerman dominan pake bahasa inggris atau bahasa Jerman ( kepo )
2026-08-30 03:56:01
0
Uko Chalib :
masih kalah sama gaji 700rb/kilo, sejam jug kelar kalo cuma bawang😅
2026-08-22 13:36:07
0
🐣💨🤏 :
ke 4 kak sapa donk🤪🤙
2026-08-22 10:24:51
0
Wolfy Robin :
100 ribu itu kerjaku 6 jam -_-
kalah 12x lipat
2026-08-22 11:44:00
2
rabunzel :
murah bgt apelnya, disini sekilo 50rb
2026-08-23 02:56:59
0
KIE :
harga barang sprti makanan gk jauh beda sm di indo kadang lebih mahal di indo, tp gaji di indo kecil sdgkan di LN gaji sesuai.. cukup utk kebutuhan sebulan dan + masih bisa nabung.. kalau di indo gaji nya minus banget.. gua sebulan 1.2jt di indo.. sdgkan sehari gua ngabisin 50rb kecilnya.
2026-08-26 05:43:37
3
why_yattt :
kerja setengah jam bisa hidup satu hari
di konoha kerja sehari buat jajan aja habis😩
2026-08-22 11:05:58
4
Akito :
Up VT YouTube lagi bg
2026-08-22 23:19:09
1
༄●⃝Return by Death :
rakyat Jerman
2026-08-22 11:32:11
0
srirejekiastuti1976 :
aku makan seminggu 50€ berdua mahal ya?😁
2026-08-23 10:25:19
0
OvaLovaa :
harga nya hampir mirip kaya di indo, disana kerja gaji 100rb setengah jam, disini seharian 😁
2026-08-22 13:00:26
1
Juun_prikitiw✨ :
Aldi sama Lidl emng lebih murah dri Kaufland, segitu di Kaufland bisa 9€
2026-08-23 16:38:03
1
ᵖˡˢ girltogirl💋 :
buah" nya murah" bgt 😭
2026-08-22 11:04:16
1
Valfredo :
gw mau bandingin biaya hidup banding gaji umr indo jerman (abaikan nilai tukar rupiah)
jerman €2.400
jateng Rp2.400.000
susu 1L jerman €0.95, indo ±Rp20.000
dari susu aja bedanya udah sekitar 20× lipat apalagi yang lain
2026-08-22 11:10:24
3
To see more videos from user @pieterpatonedi, please go to the Tikwm
homepage.