nyummy :
aku pernah diposisi mu kak. I landed my first job setelah 85 applications, itupun as intern.
mind you aku lulus IPK 4, pernah dapat beasiswa kuliah 1 semester di Irlandia oleh LPDP, pengalaman organisasi 15an, pengalaman panitia 60+, pernah jadi steering committee, sertifikat bahasa Inggris ada 2, pernah jadi pembicara sebanyak 20an kali including untuk CIMB Niaga dan univ lain. And I still struggle.
With all those efforts, aku terima tawaran menjadi intern dengan gaji 2 juta di Jakarta Pusat. Hehe.
On the bright side, I got promoted to full time after 6 months of working, promoted again less than a year. Sekarang gaji ku udah diatas UMR Jakarta.
Satu satunya cara agar tidak terpuruk pada saat itu adalah sebelum aku cari kerja, tanya dulu sama teman yang bekerja "berapa kali apply sampai dapat kerjaan?", setelah aku kumpulkan, averagenya adalah 100an. That's why aku tidak patah semangat, karena baru 85 udah ada tawaran. Kalaupun setelah lewat 100 application masuh belum dapat, tinggal ingat bahwa ada temenku yang lebih dari 200 applications belum dapat juga. Now goals aku adalah 200 applications. Begitu terus. Ga mudah, tapi bukan akhir kok, trust me 🤗
2026-08-26 05:18:08