@politikjernih: KH ASEP DESAK MIFTAHUL AKHYAR TAK MAJU RAIS AAM PBNU Tensi Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) Ke-35 di Jombang mulai memanas. Ketua Umum Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN), KH Asep Saifuddin Chalim, meminta KH Miftachul Akhyar mempertimbangkan untuk tidak kembali mencalonkan diri sebagai Rais Aam PBNU. Pernyataan itu disampaikan KH Asep di sela-sela Muktamar NU di Jombang, Jumat (28/8). Menurutnya, permintaan tersebut disampaikan demi kepentingan dan masa depan Nahdlatul Ulama. KH Asep mengaku memiliki hubungan dekat dengan KH Miftachul Akhyar. Ia menyebut pernah mengajak KH Miftach masuk dalam kepengurusan NU saat dirinya menjabat Ketua PCNU Kota Surabaya pada 1995. Atas dasar kedekatan tersebut, KH Asep menyampaikan pandangan kritis mengenai pencalonan Rais Aam. Ia menilai posisi Rais Aam membutuhkan kapasitas, kesiapan, keteduhan, kewibawaan, serta kemampuan menjaga marwah organisasi. KH Asep juga menyinggung dampak dinamika tersebut terhadap keluarga KH Miftach dan citra NU di tengah masyarakat. “NU perlu kembali diagungkan marwahnya, dibesarkan marwahnya. Untuk itu harus di-handle oleh orang yang teduh, oleh orang yang berakhlak karimah, oleh orang yang haibah,” ujar KH Asep. Pernyataan tersebut menambah dinamika menjelang penentuan kepemimpinan PBNU dalam Muktamar NU Ke-35. Bagaimana menurut Anda, figur seperti apa yang ideal untuk menjadi Rais Aam PBNU? #MuktamarNU #MuktamarNU35 #NahdlatulUlama #PBNU #RaisAam
politikjernih
Region: ID
Friday 28 August 2026 08:15:14 GMT
Music
Download
Comments
fauzi firdaus :
titip kyai tolong dilarang orang minta amal di jln raya malu dg umat agama lain dan tdk islami krn mengganggu orang lewat, malu bagian dr iman
2026-08-28 17:42:13
69
zakaria :
leres KIAI
kiai Miftah ahyar bukan kapasitas nya jadi Rois am 😂
2026-08-28 14:59:17
18
pengelana :
dengarkan itu mbah miftahul Akhyar, leres ngendikone yai asep
2026-08-28 16:34:49
24
Gus Dall :
maaf dlm muktamar gak ada statmen terkait mataknya pecabulan santri oleh pengutus ponpes??? ini maslah besar loh
2026-08-28 23:31:15
10
Khusnul Yaqin :
Setuju banget Kyai, harus nya Kyai Muftah mundur secara legawa.
2026-08-28 15:58:00
11
HMWHD :
sanget setuju yai
pak akhyar ken istirahat mawon
2026-08-29 02:51:46
7
DAPUR MAMA HASNA :
2026-08-28 22:47:10
3
sagi :
secara tidak langsung anda sedang menjelekan atau menjatuhkan beliau,,dan anda sedang menyebarkannya
2026-08-29 10:39:06
2
Muwardi Romlimubarok :
setahu saya, Kyai Miftahul Akhyar orang yang baik, .....🙏
2026-08-29 15:07:42
2
Nafan_el_Dana :
aduh. nasehat ini seolah olah bikal namun ini tetap terkesan tendensius, mungkin lebih elok ini disampaikan secara tertutup dikalangan elit kiai
2026-08-28 22:41:35
5
oliae :
apa ini bukan nyinyir ya?
2026-08-28 23:36:04
2
kang mas :
Abah yai ini sebenarnya siapa sih..
2026-08-29 11:36:24
0
Sulaeman Aly :
kronologi kenapa kh miftah bisa terpilih d muktamar lampung, gimana ceritanya ada yang tahu? 🙏
2026-08-28 17:43:18
4
~Prince :
la miftaha wala yahya😭
2026-08-29 01:29:41
0
sau da ra :
Emang untuk jadi rois aam harus calon ya. Soalnya setahu saya rois aam itu di tunjuk ahwa
2026-08-28 16:29:34
2
Gendis Jawi783 :
Gus Miftah kemarin knp GK ikut nyalon ya
2026-08-28 15:29:47
0
welly ap :
mogo mbah miftachul achyar kepilih lagi jadi rais amm.. kalau bisa sekalian rangkap jabatan aja, sekaligus jadi ketum, sekjen, bendahara.. ben sekalian penak ya mbah... semangat mbah achyar... majuooo teruuus mbaah..😂😅
2026-08-29 01:14:08
1
multazam :
kyai miftakhul ahyar orang yg sholeh ulama yg masya Alloh pasti ujian nya besar dari orang 2 yg zalim dan semoga Alloh jaga beliau dlm lindungan Alloh swt🤲🤲
2026-08-29 15:42:27
0
syamsulhadi3051 :
Yang lebih memalukan..waktu pidato di turunkan oleh Syaiful
2026-08-28 22:56:32
2
Adi Santoso :
sehat abah Kiyai Aseb..
2026-08-28 15:51:01
4
Kang Hibbat :
kita pernah buta kecolongan
2026-08-28 21:25:12
2
bangmusaja :
2026-08-28 16:23:46
1
katalogbuku.id :
Serem sekalj porpolitikan di NU. Saling kunci saling buka aib 😏
2026-08-29 02:54:17
2
cahayakiblat :
kalau kiayi asep menyatakan begini dan tidak posisi maju sebagai kandidat rois am, maka bagus.
tp jk beliau jg maju, maka tak bs dipungkiri ada konflik kepentingan. Tak elok jadinya.
2026-08-29 10:41:25
1
J.J Romanza :
setuju Abah Yai, jgn biarkan NU dipegang orang2 yg kedepan malah menenggelamkan NU itu sendiri
2026-08-29 07:12:38
2
To see more videos from user @politikjernih, please go to the Tikwm
homepage.