. :
izin nyanggah. mari kita bedah poin poin krusial disini. PERTAMA, mantan nya bilang “waktunya belum pas” trus 1 thn kemudian si mantan nikah sama org lain. lalu istri si penulis ini bilang “dulu kita gak punya uang, tapi kita ga bilang kalo waktunya ga tepat, kita bilang kita cari jalan terbaik”. pernyataan istri si penulis emang ada benernya, tapi dalam realitanya gak semua pasangan harus mau diajak nekat bertahan di kondisi apapun. padahal kondisi kesiapan finansial atau mental tiap orang tuh beda beda. mungkin menurut perspektif si mantan, keadaan saat itu tuh emang ga memungkinkan bagi si mantan buat lanjut. harus kita ketahui juga kalo nganggap “orang yang minta waktu=alasan” itu contoh ke-dangkalan logika. KEDUA, kalau dipikirkan lebih luas lagi, di dalam realita kehidupan dewasa wrong time itu bener adanya. mungkin seseorang belum siap secara mental atau finansial, atau ada prioritas realistis lain yang lebih dia kejar daripada cuma sekedar hubungan. dan menyimpulkan “mengejar realitas hidup=kamu ga mau memperjuangkan aku” adalah pola pikir yang bisa dibilang mislogika yang ke kanak kanakan. KETIGA, dari yang gua tangkap, si penulis ini emang kesel karna ditinggal mantanya. namun kalo kita buka konteks nya lebih dalam, bisa jadi si mantan ini lebih memprioritaskan karier, atau keluarga, atau mungkin hal lain yang lebih penting dari sekedar hubungan. orang yang dewasa harusnya paham kalau di fase hidup tertentu, beberapa faktor seperti karier, keluarga, atau finansial dan lainya bisa jadi lebih penting dari pada urusan asmara. kita ga bisa menganggap seseorang salah karna ga menjadikan pasangan sebagai pusat prioritasnya, itu mislogika dan tanda ketidak cerdasan dalam memahami ruang personal orang lain. koreksi kalo salah. btw semangat ya bang😁
2026-08-30 15:08:23