Chavid Gaza :
Dear para kakak-abang P3K, kemarin saya liat VT seorang Guru ASN P3K usia 38 siap ikut test dan berjuang jika regulasi usia test dihapus, artinya apa? beliau siap membuktikan kualitas diri bahwa belajar itu tak ada batasnya apalagi seorang G U R U yang mendidik ribuan murid.. Kenapa harus ada test untuk naik jenjang? karena ada prinsip keadilan dan kompetensi disitu, jika satu bidang mengeluh jalur mudah maka semua bidang nanti menuntut hal yang sama, dan bicara soal pengabdian maka kita bicara juga soal keadilan, ada ribuan calon guru muda yang juga ingin hal sama namun cuma terlambat lahir saja buat bisa mengabdi selama itu.. "Kan sudah test" iya tapi satu tahap bagian bidang saja tanpa SKD, seleksi tanpa passing grade dan saingan terukur sesama sejawat lewat jalur khusus, mereka ada test non cat, wawancara dan micro teaching, P3K ada ? ya ada di test sekali tadi, wawancara 10 soal lewat pilihan ganda. Apakah gaji langsung full kaya P3K? tidak mereka ada uji coba 1 tahun, latsar kemudian ujian aktualisasi. Jadi jelas kenapa para CPNS itu protes, karena ada prinsip ketidak adilan. Ingat mereka yang CPNS itu ada yang dari honorer bahkan pegawai swasta yang 10 tahun bekerja. Jadi jelas ya, jika bicara soal pengandian semua bidang akan bicara yang sama, maka test yang sesuai adalah pembatasnya. Ingat, abang dan kakak P3K adalah ASN, diluar sana ada yang ga punya kesempatan sama dengan anda, banyakin bersyukur kurangi mengeluh..
2026-08-31 23:02:42