@nomadkota: Jujur, kadang masih merinding sendiri kalau inget masa-masa awal mulai karir di Indonesia. Dulu gajian 2 juta sebulan rasanya cuma numpang lewat buat bayar kos dan makan warteg. Sekarang? Nekat pindah ke SG dan alhamdulillah bisa dapet rate yang sama, tapi hitungannya per hari. Banyak yang nanya, "Gimana sih caranya dapet offering di luar negeri?" Ini bukan sekadar hoki, tapi ada strategi yang bisa kalian contek: Fokus Bangun Niche Skill & Portofolio: Perusahaan SG nggak peduli kamu lulusan mana, mereka cuma peduli impact apa yang bisa kamu kasih. Fokus tajemin skill yang lagi high-demand (seperti Tech, Data, atau Digital Marketing) dan bikin portofolio berstandar internasional. Optimasi LinkedIn Gila-gilaan: Jangan cuma sebar CV di portal biasa. Ganti lokasi LinkedIn kamu atau open to work spesifik ke Singapore. Gunakan keyword bahasa Inggris yang tepat, dan rajin-rajin connect sama headhunter atau recruiter lokal sana. Pahami Syarat Visa Kerja (EP / S-Pass): Nggak semua perusahaan mau sponsorin visa karena ada kuotanya. Cari perusahaan Multinasional (MNC) atau Tech Startup yang memang terbiasa nge-hire foreign talents. Siapin Mental & Hitung Cost of Living: Di balik gaji besar, ada biaya hidup yang gila-gilaan. Sewa kamar aja bisa tembus 12-15 juta sebulan. Tapi tenang, saving power kamu tetap bakal jauh lebih besar kalau pintar ngatur uang. Berani Unjuk Gigi Pas Interview: Work culture di SG geraknya sangat cepat. Pas interview, tunjukin kalau kamu proaktif, bisa kerja mandiri, dan berani speak up. Mereka suka kandidat yang berani ngasih solusi. Pindah negara itu emang rollercoaster—banyak nangisnya di awal karena adaptasi dan homesick. Tapi kalau nggak nekat ambil risiko keluar dari zona nyaman, mungkin aku masih jalan di tempat sampai sekarang. Buat kalian yang lagi berjuang upgrade karir, jangan pernah ngerasa mimpimu ketinggian! Kalau ada niat, pasti ada jalan. 🚀
nomadkota
Region: SG
Tuesday 01 September 2026 01:32:58 GMT
Music
Download
Comments
𝒂𝒚𝒚𝒂𝒚𝒆𝒖𝒉 :
yaAllah jemput aku kesitu yaAllah
2026-09-01 10:57:15
1528
os ls :
setelah tinggal di singapore,ternyata disana lebih slow living daripda di indonesia,disana gaji 2jt perhari normal,biarpun harga makanan mahal tetep lebih buanyakkk
2026-09-01 10:33:12
495
Risni :
P info loker
2026-09-02 03:26:21
0
valerie :
One day
2026-09-02 03:29:31
0
Jara | Solo Travel Diary :
My turn next
2026-09-01 23:18:20
0
lifeisneverflat :
WHEN YAH
2026-09-02 12:17:24
0
M.Jenny Mental Health Coach :
puji Tuhan kalau bisa 2juta / jam kak cuman dengerin orang curhat dan kasih saran/masukkan 😊
2026-09-01 07:37:49
85
KiniiStartee :
Manifesting
2026-09-01 14:05:43
0
Amienna Shop :
Di SG mkn siang 250 rb, air mineral yg diindonesia 5 rb disana 60- 70 rb, kota termahal di Asia,tp tetap msh bs nabung kalau kt hemat😂😂
2026-09-01 10:31:03
92
bersamadoa976 :
anakku selesai kuliah di NTU. dapat tawaran beasiswa s3 di NTU 50 jt sebulan tp di tolak..milih balik ke indonesia kerja gaji 27 jt..dan bikin usaha kecil2an ,setidaknya bikin lapangan kerja
2026-09-02 05:00:36
166
butterscotch :
i wishhh✨
2026-09-02 02:23:31
0
azaranini :
Manifesting suatu hari nanti Indonesia juga akan menjadi negara maju dibanding negara tetangga ….
2026-09-01 10:52:21
154
Dewi Meisari :
Mental Juara. Hebat. Netizen wajib baca utuh caption dari konten ini 💪🏻🔥 Thx for sharing
2026-09-01 14:21:01
14
Susi Bukan Mentri :
pernah kerja di perusahaan di sg, emang benar mereka menghargai gaji, karna gajinya waktu itu aku yg req di angka berapa. dan benar ga peduli lulusan apa yg penting impact kita ke perusahaan. tapiiiii setiap hari nangis di toilet kantor wkwkw 😭 udah bertahun2 berlalu sampe skrg masih sering mimpi kerjaan dulu saking traumanya 😭😭
2026-09-01 18:00:58
17
Fakta Sejarah Indonesia :
$1500 SGD sebulan, tp kerja dr indo mantep bgt
2026-09-01 15:45:24
4
Pamela :
sharing caranya ka😭
2026-09-01 08:06:17
8
Irabotirr Chupkothay :
Aku jdi keinget temen SD ku dulu, skrg dia udh kerja di SG dr yg awalnya remote skrg kerja on site 😭
2026-09-01 13:15:27
38
travelkids :
Ka.. insya Allah aku sbntr lgi
2026-09-01 08:34:07
6
namakuanton :
Dikurangi biaya hidup di spore per org per bln 18-25 jt/blm (as gemini)
2026-09-01 11:23:12
6
lucyfbry :
aku harus kursus bahasa dimana kak?
2026-09-02 08:37:35
0
iyus benk :
aku yg tinggal di sini hhhhmmmmm, malah PNGN pindah ke jakarta.
2026-09-01 11:49:45
0
adele_pratiwi :
Biaya hidup juga 1 juta ya kak sehari ?
2026-09-01 17:26:20
0
ytta♐️ :
apalah daya yg cuma 20$ 1hari disangapore ini🥲
2026-09-01 13:06:20
0
BatasSUCI🤌🏻 :
Kerja d indo pulang masih bs nongkrong ngopi, kerja di SG balek dah kek zombi pingin cpt rebah. Sabtu minggu adalah waktuya tidur 😭
2026-09-02 05:47:10
0
allllllllllll :
gw sumpahin gw besok kayak gini
2026-09-01 23:57:40
2
To see more videos from user @nomadkota, please go to the Tikwm
homepage.