@mochammadwahyudi7: INNALILLAHI... 😔🤍 Bener banget usia 50+ itu bukan "tua". Itu "BABAK TERAKHIR UNTUK NGUMPULIN BEKAL". Kalau masih sibuk genggam dunia, nanti pas badan udah lemah, hati malah kosong. Nyesek ya bayanginnya... Tapi tenang . Masih ada waktu. Kita lepas pelan-pelan ya. --- 15 HAL YANG HARUS DILEPAS SETELAH 50+ _Biar masa tua tenang, ibadah khusyuk, hati gak hampa_ 1. EGO & MAU MENANG SENDIRI Udah gak zamannya berantem "aku bener kamu salah". Lepas. Ganti dengan: "Yang penting damai" 2. DENDAM & SAKIT HATI LAMA Nggak ngampunin = bawa batu di punggung sendiri. Lepasin. Biar Allah yang ganti dengan tenang. 3. CITA-CITA DUNIA YANG GAK KESAMPAIAN Rumah mewah, mobil baru, jabatan... Kalau belum dapet ya udah. Ganti cita-cita: "Hafal 1 juz" "Umroh" "Anak sholeh" 4. NGEKEKANG KONTROL ANAK Anak udah gede. Doain aja. Jangan ngatur jodoh, kerjaan, cara didik cucu. Lepas. Tawakal. 5. TAKUT MISKIN / TAKUT KEHILANGAN HARTA Rejeki udah ditulis. Yang dikejar sekarang: keberkahan, bukan banyaknya. 6. MIKIRIN OMONGAN ORANG "Gendut" "Janda" "Gak punya cucu" Lepas. Yang nilai kita cuma Allah. 7. HP & MEDSOS SEHARIAN Scroll gosip, liat pamer, jadi iri. Ganti: Al-Qur'an, dzikir, kajian. 8. MAKAN SEMBARANGAN Gula, gorengan, begadang. Badan ini titipan. Jaga biar bisa ibadah sampai akhir. 9. MASA LALU YANG BIKIN NANGIS "Andai dulu..." "Seandainya..." Tutup bukunya. Allah udah hapus kalau kita taubat. 10. PURA-PURA KUAT & GAK BUTUH ORANG Udah 50+ boleh minta tolong. Boleh bilang capek. Lepas topeng. 11. NYIMPEN BARANG "SIAPA TAU DIPAKE" Baju kekecilan, perabot numpuk. Sedekahin. Rumah lega, hati lega. 12. IRI LIAT HIDUP ORANG "Anaknya sukses" "Tetangga umroh" Lepas. Rejeki kita beda-beda. Fokus ke syukur. 13. KERJA TERUS LUPA AKHIRAT Kalau udah cukup, cukup. Waktunya: masjid, majelis, ngaji, umroh. 14. MENUNDA TAUBAT & BERBAIK-BAIK "Besok aja minta maaf ke dia" Jangan . Kita gak tau besok masih ada apa nggak. 15. TAKUT MATI Mati pasti. Yang ditanya: "Udah siap belum?" Ganti takut jadi rindu ketemu Allah. --- GANTINYA PEGANG #APA ? PEGANG 5 INI KUAT-KUAT: 1. Al-Qur'an - Teman paling setia di usia senja 2. Dzikir - "Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar" 3. Silaturahmi - Sama anak, sama teman ngaji 4. Sedekah - Walau 2rb. Biar harta jadi pahala 5. Ridho Allah*- Itu satu-satunya yang gak akan ninggalin kita --- ... usia 50+ itu hadiah. Berarti Allah masih kasih kesempatan tobat + beramal. Jangan takut "sepi" atau "hampa". Kalau hati penuh Allah, rumah sepi pun rasanya rame 🤲 Usia udah 50+ atau lagi nyiapin dari sekarang? Yang nomor berapa paling susah dilepas? Cerita yuk... kita kuatin bareng 🫂 #muhasabahdiri #fyp
Mochammad Wahyudi
Region: ID
Tuesday 01 September 2026 05:30:27 GMT
Music
Download
Comments
Lnd74 :
saya usia 52 THN Alhamdulillah anak2 tiga laki2 udh kerja semua suami juga masih usaha rumahan maaf bukan g bersyukur tp di usia harusnya saya udh nikmati hari2 dmn tanggung jawab sekolah udh g lagi saya pikirkan Allah berkehendak lain saya kena penyakit tumor ganas..JD skrg saya fokus pada pengobatan diri saya..terkadang kita sebagai manusia g akan bisa menerima kata yg namanya sempurna pasti ada aj cobaan yg DTG di usia senja ini mohon doanya ya kawan2 semoga penyakit saya cepat sembuh karna udh 2 x operasi tp skrg tumbuh lg inshaAllah akan operasi lg doakan saya lancar dlm menjalani pengobatan ini..Terima kasih kawan2 semua🙏🙏🙏🙏🙏🙏
2026-09-02 00:46:32
38
bungasurabaya :
aku usia sdh 57 , masih bekerja, karena aku hidup sendirian tanpa suami, tak punya anak
2026-09-01 23:48:04
67
mutiah :
pertanyaan... bagaimana klo di usia masih ada tanggung jawab yg harus di selesaikan, misal anak 2 blm berumah tangga bisa jadi masih sekolah, punya tanggung jawab kedua orang tua yang sdh sepuh, padahal kita tdk punya pensiunan atau aset yg berjalan, penghasilan nya hari itu juga hari itu juga di belanjaan, apa kah kita tdk tetap mengejar dunia paling tidak mencukupi kebutuhan, bukan kah bekerja untuk mencukupi kebutuhan atau untuk hidup termasuk ibadah , dari 15 langkah yg harus di lakukan hanya satu sebenarnya berdamai dengan keadaan dan ikhlas
2026-09-01 21:39:12
27
sis :
ada orang yg bangga tiap THN umroh/haji..memang ada kepuasan pribadi (EGO) disaat uang puluhan juta dikeluarkan utk kepentingan pribadi (umroh) tidaklah begitu terasa, tapi di saat uang puluhan juta di bagikan/sedekah utk fakir miskin, apakah ke ikhlasannya sama? tentu tidak, walaupun ada hanya segelintir manusia, membuat saudaramu hilang lapar/ dahaga itu lebih baik dibanding pergi haji/umroh tiap tahun..salam sehat saudaraku..
2026-09-01 21:00:16
57
Jajang Jaya :
ya Alloh di umur 50 tahun ,aku masih punya hutang, mudahkanlah aku menyelesaikan hutang "ku,ya alloh
2026-09-01 22:12:03
73
Toni Nakum :
di konoha tetap masih berjuang sampai akhir hayat bung, pemerintah membuat rakyat miskin dan menderita, 😁
2026-09-01 13:29:28
28
Dewi23 :
tahun depan 50 tahun... semoga kami sekeluarga sehat dan semua yg di inginkan Allah kabulkan, Allah mudahkan, Allah ridhoi🤲
2026-09-02 07:26:17
1
orng :
umrah & haji satu kali saja, klu ada rezeki berbagilah kepada org2 yg kurang mampu sebab yg begitu infestasi ahirat, lihatlah diselilingx bax org yg hrs dibantu
2026-09-01 22:00:53
18
ettyytea... :
diusia 56 ku bukan lebih tenang..alloh mengujiku dengan suami yg tantrum sakit2an usia lebih tua 20 tahn..kadang aku mau pergi...ini suami ku bukan dari anak2 ku..aku bingung cape badanku juga mulai lemah...ekonomi aku jualan buat nambah buat anakku yg masih belum kerja..aku lelah cape ..gimana😭😭😭
2026-09-02 00:55:52
12
Hasna Waty :
Alhamdulillah umur udah 52 tahun suami 57 tahun .anak anak belum menikah .di syukuri aja yg penting mau makan ada .
2026-09-02 02:42:13
9
Elong :
aq usia 54 hidup cm berdua sm suami. tanpa anak.. gak pernah mikirin nanti gmn2. kami udah pasrah sm allah.. yg pnting bagi kami selalu berbuat baik... dan selalu bersyukur apapun pemberian allah.. kami udah ikhlas atas semua ketetapan allah. . klo di nilai dr hrta kita tak punya apa2.. tp kita punya empati yg besar.. dan alhamdulillah slma ini sehat2 sllu.. dan allah melimpahkan keberkahannya aamiin.
2026-09-02 03:07:52
8
user4022815380466 mualim alim :
aq 53 tahun .tetap bekerja.agar aq dan istri selalu ke tanah suci setiap tahun.seperti selama ini aq lakukan.bekerjalah untuk ibadah.salam santun
2026-09-01 11:49:51
19
mak ceriaaa🥰 :
bismillah...semoga bisa menjalaninya AAMIIN
2026-09-02 00:55:42
2
Ayok_usaha :
Usia 50 Thn boleh tetap bekerja untuk ibadah karena kita nggak akan bisa menggantungkan biaya hidup dari anak2 kita Krn anak2 punya kehidupan masing2.
2026-09-01 13:23:23
5
toyibah :
usiaku 60 tahun, aku betah tinggal di rumah rasanya nyaman, suamiku jualan agak jauh bersama anak ku yang no 1, anak yang no 2 suka bolak balik karena punya ayam petelur di belakang rumah saya, yang kecil perempuan masih kuliah, ku bersyukur saat ku mau ke luar masih bisa naik motor sendiri, tiap hari jumat kumpul semuanya, ku masakin porsi cukup untuk 12 orang....dinikmati, disyukuri dijalani.
2026-09-02 03:01:29
2
DT🇲🇨 :
Usia saya 54 thn.. Anak paling kecil perempuan usia 2 tahun
Ya Allah sehatkan dan kuatkan badanku
2026-09-01 23:35:36
2
troemah :
makasih nasihatnya. mudah2an kita semua bisa selalu dekat dgn Allah.dlm lindungan Allah. dlm petunjuk Allah.Aamiin
2026-09-01 21:58:32
2
Suharno Moko :
aku 53 musti harus kerja keras karena ketiga anak gadisku ada yang masih di bangku kuliah,sehat selalu ya badan ttp semangatt untuk diriku dan mungkin ada yang senasib di luar sana💪🔥
2026-09-01 18:58:52
2
Cong Yang :
alaaaH bilang mudah tpi yg bilang juga belum tentu bisa,,
2026-09-01 23:21:54
5
user9526564530756 :
Semoga di umurku yg udah 57 tahun ini,aq di beri sehat dan bahagia,,aq berusaha lebih mendekat kpd Allah ,dan di jauhkan dr hall yg tidak baik,Aamiin
2026-09-01 23:15:01
3
B@n9 5@d@m :
MENATA BAHASA MENATA KATA KATA ITU ENAK SANGAT MUDAH,MEMJALANI PROSES KEHIDUPAN ITU TIDAK SEMUDAH ANDA BICARAKAN, KALAU SEBATAS MERANGKAI KATA YANG INDAH ITU GAMPANG....
2026-09-02 07:10:37
5
halim :
sy sudah 58 th masih tetap bekerja secukup nya ...tidak pikir berapa gaji nya tapi berkah .dan menunaikan ibadah dengan iklas Insya Allah .ttp semangat 🥰
2026-09-01 20:18:23
2
Wiwin Dwi narti :
trimakasih...sangat menginspirasi pesannya....🥰👍
2026-09-01 23:45:32
2
user5036469170220 :
sy 50th, beribadah itu harus. bekerja sbg marketing dng target yg hrs on track bikin serasa lupa usia, dng tim temen2 usia sebaya anak2 kita. tetep touring RX king juga😅. salam sehat selalu buat temen2 yg digrup ini
2026-09-01 21:27:13
2
user7887784449918 :
Alhamdulillah 50+ ank sdah lulus kuliah,kerja.Udah merasa cukup.Sdah saatnya ngumpulin akhirat,kerja secukupnya
2026-09-01 19:26:52
3
To see more videos from user @mochammadwahyudi7, please go to the Tikwm
homepage.