@gilafilmid: FALSE MEMORY (7 EPISODE) Christopher Nolan harus banget sih cobain nonton donghua yang satu ini. Setelah To Be Hero X tahun lalu, tahun ini lagi- lagi donghua / animasi China menggebrak lewat style animasi yang menggila penuh makna. Berangkat dari animasi pendek berjudul sama, False Memory ini nampak memiliki tema besar seputar "momen" dan eksistensialisme. Gimana para jagoan "Biro Memory" ngumpulin semacam materi bernama "Pyrolite" dari makhluk "memory bug" sebagai alegori akan pemantapan ingatan seorang laki-laki kucel bernama Guan Chao untuk mengingat kembali jati dirinya lewat momen-momen dalam hidupnya yang ia coba lupakan. Siapa Guan Chao ini akan direveal bertahap di tiap episodenya. Secara konsep memang terasa njelimet tapi donghua ini lebih condong untuk ngajak merenung dibalik kedahsyatan sekuens animasinya. Salah satu yang paling kerasa ada di episode 6 yang juga pelebaran dari cerita film pendeknya. Sangat kerasa personal terutama bagi saya yang punya experience mirip semasa sekolah. Animasi ini juga punya gaya narasi yang unik yang mana tiap episodenya seperti punya value yang terpisah dari episode yang lain. Secara kontinuitas agak aneh karena tiap episode rasanya seperti pilot tapi eventually akan keep-up dengan apa yang terjadi di eps sebelumnya. Salah satu hal lainnya yang MinGil suka dari donghua ini adalah bagaimana setiap episodenya membawa tema yang cukup filosofis tentang ingatan dan berbagai pengalaman yang membentuk seseorang menjadi individu seperti yang kita kenal sekarang. Tujuh tema dalam 7 episode ini pada akhirnya terasa seperti satu perjalanan utuh. Tentang bagaimana kita memahami realitas (Eps 1), merasakan emosi (Eps 2), menjalani kehidupan (Eps 3), menghadapi kehilangan (Eps 4), mempertanyakan identitas (Eps 5), berdamai dengan penyesalan (Eps 6), hingga akhirnya belajar menerima bahwa tidak semua hal di masa lalu bisa diubah (Eps 7). FALSE MEMORY rekomen untuk kalian yang nyari animasi dengan style flashy , rame seperti FLCL dan juga punya kedalaman tersendiri di main characternya. Ini bukan amnesia tapi soal memori-memori yang ia pilih & tolak karena trauma. Eps finale agak cliffhanging, tapi S2 sudah dikonfirmasi akan dibuat. Yang mau coba bisa ditonton secara gratis dan legal di aplikasi BStation 8/10
GilaFilmID
Region: ID
Wednesday 02 September 2026 13:47:09 GMT
Music
Download
Comments
There are no more comments for this video.
To see more videos from user @gilafilmid, please go to the Tikwm
homepage.