@ida227933: Seorang remaja harus divonis buta permanen akibat pembuluh darah di matanya pecah! ๐ Ternyata, remaja ini sudah mengidap hipertensi bawaan sejak usia muda namun tidak pernah menyadarinya karena tidak pernah cek tensi. Kondisinya meledak drastis akibat pemicu utamanya: KECANDUAN HP! ๐ ๐ฅ MENGAPA MAIN HP BISA BIKIN BUTA? ๐ฉบ ๐ฅ 1. Begadang Main HP: Kurang tidur kronis karena main HP sampai pagi memicu lonjakan tekanan darah drastis. 2. Stres Gadget: Stres emosional (kalah game/stres medsos) membuat tensi naik instan. 3. Sedentary Lifestyle: Malas gerak karena duduk/berbaring main HP berjam-jam membuat peredaran darah tidak lancar. 4. Kurang Air Putih: Asik main HP sampai lupa minum, membuat darah lebih kental. 5. Mie Instan + HP: Hobi makan mie instan sambil main HP (tinggi garam + stres = bom waktu). ๐ก BUKAN SAKIT BIASA! ๐ฉบ Pola hidup buruk bikin tekanan darah naik tanpa terasa. Pembuluh darah jadi rapuh, dan saat tekanan darah melonjak ekstrem akibat kecanduan HP, pembuluh darah di mata pecah seketika (Stroke Mata)! ๐ Hipertensi itu silent killer! Jangan anggap remeh sakit kepala berulang atau mata merah/pandangan kabur. Tinggalkan kebiasaan buruk sekarang juga #fyp #viral #masukberanda #trending #hipertensi
Kak sama aku juga kena hipertensi di usia muda, tpi krena faktor genetik dn anehnya aku gk pernah ngerasain gejala apapun. Pas di cek 200/110 dong๐ญ bhkan dokter bilang ini udh bhaya huhu. Sekarang aku konsumsi obat dokter sama jamtens obat darah tinggi alhamdulillah mulai mendingan kk
2026-09-03 13:31:25
291
PUTIK PIAWE :
hipertensi apa ya
2026-09-04 14:39:47
7
Vein 1K Tap2 :
yang sebenernya terjadi bukan karna HP tapi karna kebiasaan buruk itu.
2026-09-05 00:04:36
125
L.a.r.a.s :
berarti bener kata emak semua masalah dunia ini gara" hp ๐ญ
2026-09-05 14:18:25
63
diwan saputra :
aku tiap mlm bergadang maen hp jam 7 isa sampe subuh jam 5 tdr itu ku lakukan karena nggak punya tmn di luar an sana
2026-09-05 07:29:09
43
damn girls ๐ท๏ธ :
Fyp sendiri โ
fyp dari emak โ
2026-09-06 00:33:10
3
dailyzeya :
Pernah mengalami dada terasa kurang nyaman memang bikin kepikiran dan d ceki 150/105, dpt info klo Jamtens obt drah tggi. Sekarang aku lebih disiplin menjaga pola hidup dan memperhatikan kondisi kesehtan
2026-09-03 15:10:12
39
marlong ๐ฅ๐ฅ ๐ :
is is is is is
2026-09-05 09:53:11
0
Ririn :
Tensi 150/90 tinggi gak ya?
2026-09-03 11:46:40
10
๐ anak rantau 78๐ :
aku tensi paling tinggi 200/170 akhirnya kena serangan jantung, kemarin tgl 16 juli 2026 pasang ring jantung 1
2026-09-04 13:14:07
23
buradull :
gw dikirimin ni video ama emak gw btw๐ฅฐ
2026-09-05 11:23:34
10
hesty aulia :
Hipertensi memang nggak boleh dianggap sepele. Aku sendiri jadi belajar dari pengalaman dan sekarang lebih perhatian sama pola makan, istirahat, serta rutin memantau tensi.
2026-09-03 13:43:04
22
Tehโข~LisT@~โขAjah :
segini aku masih sanggup bawa motor.. padahal aslinya berat bgt dan mau merem terus mata.. blm lagi aslam jg ikut naik, luar biasa rasanya,sesak di dada bnr" sulit nafas tangan dan kaki udah dingin, tremor. pernah jatuh dr motor karna sudah 200/110.
2026-09-03 16:50:12
20
Mulya Dewi08 :
dari usia 35 sya sudah di vonis hipertensi, dan sudah 2 tahun terakhir ini rutin minum amlodiphine tiap malam ๐ฅบ
2026-09-04 03:41:40
9
HastaSarie :
langsung buru2 aku share dan tunjukin video ini ke anaku yg hobinya maen HP
2026-09-05 14:39:46
1
@kakange_bontot๐ :
Astaghfirullahal Adziim.....
Na'udzu billahi min dzalik ya Gusti aja sampe ๐คฒ๐ฅน
2026-09-03 18:20:50
5
KANG.DIONN :
temenku gak tidur 2 tahun puasa dan buka makan makanan yg putih2 aja. dan sempet masuk RS kena skit kuning tp pas sembuh. punya kelebihan. bisa ngelihat yg gk bisa orang normal lihat
2026-09-05 06:41:54
7
Sari Kurniasih :
hypertensi lieur...darah rendah Komo tambah lieur..๐
2026-09-03 11:27:50
5
Shona Craft :
aku pasca SC aja pernah hipertensi 136 wktu itu udah kek orang stres tiap hari sakit kepala di ubun2 ๐ญ gakuat..
2026-09-03 11:58:33
5
A :
betuulll seharian fokus dg hp mata ini trkadang trasa kabur ntk mlht
2026-09-04 01:54:24
8
matahariโ ๐ป :
juga saudaraku sering makan mie instan minum cola2, maen dulu komputer games malam sampe pagi kena kepala pusing mual2 bawa dirmh sakit ,meninggal.kayak itu.
2026-09-04 01:18:28
8
Faketaxi๐ป :
aku 190/120 tapi aman" aja๐บ
2026-09-05 00:08:44
4
diniwijayanti02 :
tensi saya segitu tidak merasakan apapun cuma jantung berdebar langsung saya bawa ke IGD perlahan tensi turun tapi di angka 170
2026-09-05 05:15:55
3
KOMARIAH Komariah :
SMG CPT PULIH LG? AMIN.
2026-09-05 13:28:18
1
๐ฅโจ๐ :
q 160,, sakit ky urat d lher mnjalar ke kepala smpe d rujuk ke RS dn skrng msh hrs terapi,,tp Krn krj GK BS ijin JD q lewat trpi ke2x๐ฎโ๐จ
nnti tgl9 kntrol Lg Krn sakit sekrng bagian kepala belakang sakit bnget KY ad gumpalan apa gtu๐
ada yg sama gk dsni๐ณ
2026-09-04 23:12:54
3
To see more videos from user @ida227933, please go to the Tikwm
homepage.