RSL :
Maaf sharing pengalaman ini skrg 3o gw dari rating,baru pertama kali jadi 3o katanya pernah jadi CO di tanker juga tapi gak tau CO mana yg pake ijazah 4,soalnya ijazah 3nya keluaran tahun 2026 awal dia join bulan maret,tiba2 pas baru join dan dia jaga alat navigasi bunyi semua,telpon ke kamar gw,gw ke atas,dia bilang tiba2 semua alat navigasi bunyi,di kira larat makanya bangunin kapten,gw liat semuanya error,dari vdr,ais,gps,inm,vhf,navtex,mf/hf,radar,ecdis,gyro bunyi semua,mana masih dalam keadaan setengah sadar,di suruh menghadapi masalah malah puyeng,menurut pengalaman gw ini pasti ada yg otak atik gps 2 atau self test yg notaben connect ke semuanya dan di jadiin main gps,gw restart gpsnya trs semua alat langsung berfungsi normal tapi hdg dan ROT error di ais connect ke radar dan ecdis,gw tanya ke dia,dia bilang gak ngapa2in tiba2 bunyi aja dalam batin gak mungkin,kecuali kapal lagi rolling kenceng dan kapal geter kenceng atau generator tiba2 rusak baru bunyi sendiri itu juga perpindah ke emcy battery lah ini lagi anchor,gw check cctv ternyata sblm kejadian dia lagi di posisi gps device berada,udh baca manual book dan mengaplikasikan masalahnya tapi tetep rot sama hdgnya gak kebaca,BAUD pun udh ikutin sesuai arahan manual book tapi ya tetep error,saran buat perwira baru,tangannya jgn iseng ke barang yg bukan tanggung jawabnya,itu klo error atau rusak bukan lo yg pusing dan ribet,tapi yg punya barang malah apesnya bisa di blacklist kantor dan bulan july tiba2 ballast pump gak mau nyedot,tau2 ada line up yg harusnya gak usah di apa2in malah di puter soalnya valvenya udh gak bisa di puter,CO marah2 trs nanya ke AB,terakhir 3o yg ke pump room,pas cek cctv bener dia puter,akhirnya kesian rating jadi ada kerjaan,dan baru2 ini,foam pipe di deck buat ke foam gun di cet warna kuning,gw bilang pipa itu bukan warna kuning tapi merah,kuning utk vapour line,itu udh ketetapn yg gak bisa di ubah,eh dia bilang gpp kok,ada 2 line sea water sama foamnya,yg sea water tetep merah yg foam di ganti kuning,wkwkw mana ada kaya gitu,ada juga di foam room yg lineupnya di ganti biar foamnya gak keluar,itu juga airnya pasti lewat pipa luar,kacau itu org tangan kebanyakn gerakan extra
2026-09-05 03:32:09